oleh

Digembleng di WEGO Lamongan, Ratusan Baret Rescue NasDem Siap Terjun Bantu Warga

LAMONGAN | optimistv.co.id – Ratusan pemuda berusia 18 – 35 tahun dari wilayah Jawa Timur telah mengikuti Diklat SAR Baret Rescue Partai NasDem di Bumi Perkemahan WEGO Lamongan, Mereka selama sepuluh hari sembilan malam, mulai tanggal 02 sampai dengan 11 Maret 2022, mendapatkan materi pelatihan dan pemahaman mengenai Partai NasDem, dan pelatihan TNI / Polri terkait PBB dan olahraga, pemanganan dan pengawalan, dasar-dasar siaga bencana.

Selain itu, para calon relawan ini juga digembleng oleh BPBD, BASARNAS Jawa Timur, PMI, ORARI dan Komunitas Pecinta Satwa, dengan berbagai materi pelatihan, di antaranya search and rescue, managemen Posko, Dapur Umum, komunikasi, dokumentasi, pelaporan, rescue satwa.

Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh melakukan pengecekan pasukan Baret Rescue

Setelah mengikuti pelatihan Baret Rescue, Jum’at, 11 Maret 2022, ditutup dan dikukuhkan secara langsung oleh Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh, dengan dihadiri Pengurus DPW, dan DPD di Jawa Timur.

Di hadapan Prananda dan pengurus Partai NasDem yang hadir di destinasi wisata andalan di Lamongan ini, para Baret Rescue Jawa Timur juga memperagakan simulasi penanganan kejadian bencana banjir bandang yang menelan korban jiwa. Kesigapan mereka membuat semuanya terkagum-kagum dan bangga.

Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh saat memberikan sambutan

Sementara itu, Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh, saat mengukuhkan ratusan pemuda menjadi Baret Rescue NasDem Jawa Timur, mengaku sangat bangga dengan militansi dan semangat para pemuda untuk melayani warga masyarakat.

“Selama mengikuti pelatihan, mereka tidak diberikan gaji maupun uang saku sama sekali. Namun semangat para Baret Rescue NasDem Jawa Timur ini sungguh sangat luar biasa, dan patut dicontoh oleh pemuda-pemuda di tanah air lainnya,” kata Prananda Surya Paloh.

Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh saat diwawancarai awak media

Putra dari Ketum parpol dengan jargon Gerakan Perubahan ini juga mengaku bangga melihat banyaknya pemuda di Jawa Timur yang dengan sukarela mau melakukan kerja-kerja sosial. Dan pada dasarnya masyarakat Indonesia ini mempunyai semangat gotong royong, tingkat persaudaraan dan tali keakraban, maka hal itu tidak boleh dilupakan.

“Di tengah-tengah semakin maraknya semangat individualisme, dan ingin menang sendiri, hal itu tidak berlaku di Partai NasDem. Itu yang saya maksud NasDem bukan hanya mementingkan hak saja, namun kewajiban partai politik adalah meringankan beban masyarakat, karena semuanya adalah saudara,” tegasnya.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Blitar, yang juga Anggota Komisi IX DPR RI, Nurhadi, S.Pd, saat menghadiri pengukuhan Baret Rescue NasDem Jatim di WEGO Lamongan

Prananda juga mengatakan, saat ini ada banyak parpol dari A sampai Z, dan Partai NasDem ingin memberikan kesan berbeda, yaitu tidak ingin menambah beban masyarakat, tetapi NasDem ingin meringankan beban masyarakat. Maka dari itu, disini dikukuhkan pejuang-pejuang sosial.

“Dari gerakan-gerakan kecil seperti ini, paling tidak kita sudah berani membuat apa yang menjadi jargon Partai NasDem, yaitu Gerakan Perubahan Restorasi Indonesia. Kerja politik, yes. Itu memang penting. Tapi kerja sosial juga tidak kalah pentingnya,” urainya.

Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh diangkat ratusan Baret Rescue Jatim sambil meneriakkan yel-yel

Setelah mengukuhkan Baret NasDem Jawa Timur ini, Prananda Surya Paloh mengaku ingin memberikan kesempatan kepada para pemuda di daerah lain seluruh Indonesia untuk dilatih menjadi pejuang-pejuang sosial yang siap membantu masyarakat setiap saat sebagaimana pemuda di Jawa Timur ini.

Sedangkan, M. Robit, salah satu Baret Rescue dari DPD Partai NasDem Kabupaten Kediri, didampingi dua temannya, Deni Hermanto, dan Rizky Danu Alfianto, setelah mendapatkan pelatihan dan dikukuhkan oleh Ketum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh, mengaku siap diterjunkan untuk membantu warga masyarakat setiap, termasuk daerah terdampak bencana.

Pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Kediri bersama Garda NasDem dan Baret Rescue yang baru dikukuhkan

Menurut Robit, selama mengikuti pelatihan tersebut tidak pernah ada kendala berarti sama sekali, semuanya berjalan dengan lancar dan sangat menyenangkan. Bahkan dari kegiatan tersebut dirinya bukan hanya mendapatkan ilmu-ilmu berharga, melainkan juga semakin banyak wawasan dan teman dari seluruh Jawa Timur.

“Selama pelatihan ini saya pernah ada kendala namun cuma sebentar, yaitu ketika akan ke tahapan run – swim – run (lari, berenang, lari), tiba-tiba tekanan darah saya dan satu teman itu naik. Karena makanan disini selalu bergizi, jadi wajar kalau tensi darah naik. Tapi Alhamdulillah, setelah istirahat sebentar dan ditensi lagi sudah normal, kemudian izinkan untuk mengikuti pelatihan berikutnya,” ucap Robit bergembira.

Reporter : Zainal – Erlis

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed