oleh

Dibuka Gus Barra, Rakercab PAPDESI Dihadiri Kyai Asep

MOJOKERTO | optimistv.co.id – Pengurus DPC Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Mojokerto menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) pertama di Gedung Grand Whiz Trawas, Mojokerto, Kamis (10/06/2021) yang dilaksanakan dari pagi hingga sore.

Rakercab DPC PAPDESI Kabupaten Mojokerto Tahun 2021 yang mengusung tema ”Melalui Rapat Kerja Kita Wujudkan PAPDESI Bangkit Mendorong Desa Berprestasi“ ini menjadi istimewa dan luar biasa. Karena dihadiri langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah yaitu Prof. Dr. KH.  Asep Syaifuddin Chalim M.A., ( Kyai Milyader yang dikenal Dermawan ini ) serta Wakil Bupati Mojokerto H. Muhammad Al Barra (Gus Barra ) dan Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Hj. Ayni Zuroh.M.Si.

Sementara itu dalam sambutannya saat membuka acara Rakercab PAPDESI , di hadapan 208 peserta Raker Cabang PAPDESI Kabupaten Mojokerto, Gus Barra -sapaan Wabup Mojokerto- mengajak PAPDESI dapat bersinergi dengan semua pihak, khususnya Pemkab Mojokerto, dalam menumbuhkan perekonomian di masing-masing desa agar Desa bisa Sejahtera. Gus Barra juga meminta Pemdes membuat program Desa produktif maupun desa sejahtera mandiri.

“Sebab dengan menciptakan desa sejahtera mandiri itu, masing-masing desa mampu menghasilkan produk yang berdaya saing, lembaga sosial yang aktif, tingkat partisipasi, dan memperluas peluang tenaga kerja,” ujarnya saat memberikan sambutannya.

Gus Barra menilai seluruh jajaran pengurus dan anggota PAPDESI Kabupaten Mojokerto mempunyai tujuan mulia dan sangat berfastabiqul khairat untuk masyarakat Kabupaten Mojokerto.

“Sudah menjadi kewajiban semua manusia untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. PAPDESI juga harus senantiasa menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” lanjutnya.

“Perlu saya tegaskan, bahwa PAPDESI maupun AKD dan elemen lainnya mempunyai peran penting untuk membantu pemerintah daerah, dalam mewujudkan Mojokerto yang maju, adil, dan makmur. Perbedaan berorganisasi bukan menjadi masalah, asalkan untuk berfastabiqul khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan bagi masyarakat luas. Saya melihat hadirnya PAPDESI ini, hanya berfastabiqul yang akan menciptakan desa produktif maupun desa sejahtera mandiri. Rasulullah SAW pun mendorong umatnya untuk selalu berlomba dalam kebaikan seperti yang dituliskan HR. Muslim,” jelas Gus Barra yang juga sebagai Direktur Utama ASC Foundation yang bergerak dalam misi kemanusian ini.

Sementara itu Ketua DPC PAPDESI Kabupaten Mojokerto, Jurianto Bambang, S didampingi Muhammad Afif, Humas dan Infokom PAPDESI Kabupaten Mojokerto mengatakan bahwa pihaknya siap bersinergi dengan semua pihak untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Mojokerto yang maju, adil dan makmur, walaupun keberadaan PAPDESI masih sedikit, tapi akan menunjukan eksistensi yang nyata bukan sekedar kata. Bahwa PAPDESI akan memberikan manfaat bagi masyarakat di Desa utamanya dalam membangun Desa Untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat menuju Adil dan Makmur di Desa masing masing.

Dilain pihak Prof.Dr.KH. Asep Saefuddin Chalim MA, menyambut baik dan menyampaikan Apresiasi positif terhadap kegiatan Rakercab PAPDESI Kabupaten Mojokerto ini agar apa yang disampaikan oleh para Nara sumber yang menyampaikan materinya pada Rakercab PAPDESI ini bisa diterapkan di Desa masing masing untuk menciptakan kehidupan di Desa menuju Masyarakat Desa yang Sejahtera Adil dan Makmur.

Sementara itu, mengenai arahan Gus Barra agar pemdes di Kabupaten Mojokerto ini harus mampu menciptakan program desa produktif, Jurianto yang Kades Duyung Trawas menyatakan dirinya akan siap mengimplementasikannya.

“Bahwa Sesuai Visi Misi PAPDESI Kabupaten Mojokerto yakni membangun Mojokerto bangkit seperti zaman Majapahit dengan persatuan dan kesatuan. Saatnya Mojokerto bangkit, artinya melalui Desa, diawali dari desa pemerintahan yang paling bawah, pemerintahan Desa, maka Negara pasti baik. Kami hanya berfastabiqul khairat untuk daerah ini,” kata Jurianto Bambang.

Reporter : Kartono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed