oleh

Dewan Pendidikan Dukung UN Sebagai Tolak Ukur Mutu Pendidikan di Indonesia

NGANJUK | optimistv.co.id – Sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan mutu pendidikan di Indonesia adalah nilai Ujian Nasional. Tetapi komponen keberhasilan lainnya adalah perubahan perilaku anak menjadi lebih baik, memiliki karakter yang baik, memiliki kompetensi yang unggul.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Prof. Dr. Sumarji, SP.MP, di sela kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Polres Nganjuk, Kemenag, Dewan Pendidikan dan Sekda Kabupaten Nganjuk Kamis 12 Maret 2020.

“Untuk melanjutkan dan meningkatkan mutu pendidikan tersebut diatas, maka diadakan rapat koordinasi dan sosialisasi yang lakukan oleh Dinas Pendidikan, Polres Nganjuk, Kemenag, Dewan Pendidikan dan Sekda Kab. Nganjuk,” kata Prof. Dr. Sumarji.

Ditambahkannya, pada rakor tersebut Dewan Pendidikan memberi materi tentang penguatan kepala sekolah sebagai sosok manajerial yang hebat. Maka dari itu, kepala sekolah harus berperan sebagai pemimpin utama, dan penanggung jawab BOS.

“Seorang kepala sekolah itu harus menjadi pemimpin utama, dan sebagai penanggung jawab BOS. Sehingga kepala sekolah harus benar-benar kuat dan berperan sebagai kepala sekolah, bukan malah sebagai bawahan,” tuturnya.

Masih menurut Prof. Dr. Sumarji, seorang kepala sekolah juga harus bisa membawa kemajuan sekolahan yang dipimpinnya. Di lain sisi, kepala sekolah harus bisa berkomunikasi dengan media yang sebagai fungsi kontrol pendidikan, dengan komite sekolah dan wali murid, sehingga kalau terjadi kekurangan anggaran sarana prasarana sesuai Permen 75 tahun 2016 bisa direalisasikan bersama.

Reporter : M. Subroto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed