oleh

Desa Plandirejo Sedekah Bumi  Ketika Pandemi

BLITAR | optimistv.co.id – Di tengah hiruk pikuknya modernisasi dan globalisasi, ternyata kebudayaan yang merupakan warisan nenek moyang hingga kini masih tumbuh subur dan diuri-uri (dilestarikan) warga masyarakat, khususnya yang berada di Tanah Jawa.

Tidak mengurangi kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, Jum’at (13/11/2020), warga bersama Pemerintah Desa Plandirejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar menggelar kegiatan sedekah bumi.

Dalam sambutanya pada sedekah bumi, Camat Bakung, Raden Julison Pangestu mengatakan, di tengah pandemi Covid 19 yang masih belum mereda di negeri tercinta ini memaksa pemerintah untuk membuat kebijakan demi memutus rantai penyebaran virus corona di masyarakat.

Hal ini berdampak sangat meluas, khususnya berakibat lesunya perekonomian rakyat sehingga daya beli masyarakat melemah. Semenjak program New Normal diterapkan, kini berangsur-angsur perekonomian rakyat pelan-pelan mulai menggeliat.

Lebih lanjut Julison mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan pada segala kegiatan agar pandemi ini segera berlalu dari Indonesia.

Sementara itu, Kepala Desa Plandirejo, Agus Prawito saat dikonfirmasi mengatakan, diadakannya sedekah bumi yang menjadi acara rutin tahunan di Desa Plandirejo ini juga untuk meningkatkan dan mengedepankan rasa kebersamaan kerukunan, serta semangat gotong-royong bagi warga masyarakat Desa Plandirejo.

Agus juga menambahkan, di tahun-tahun sebelum dirinya menjabat sebagai kepala desa, acara sedekah bumi selalu dilaksanakan dengan swadaya masyarakat. Namun sekarang acara seperti ini ditanggung oleh pemerintah desa melalui dana desa.

Acara yang dihadiri Babinsa, Babinkamtibmas, Camat, Kapolsek dan Danramil Bakung ini juga melibatkan seluruh karang taruna, karang werdo dan seluruh masyarakat Plandirejo.

“Acara yang digelar di Punden Bronto Kusumo ini semakin meriah dengan tampilnya seni budaya Jaranan Campursari Putero Kusumo Karya muda mudi masyarakat Plandirejo sendiri,” pungkasnya.

Reporter : Muklas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed