oleh

Desa Dero Membangun Drainase untuk Hindari Kerusakan Jalan Desa

NGAWI | optimistv.co.id – Desa Dero mengacu pada Kementerian Desa telah mengeluarkan dan telah undangkan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 13 tahun 2020 tanggal 15 September 2020.

Permendes Nomor 13 tahun 2020 tersebut tentang prioritas penggunaan dana desa, dan dilatarbelakangi pemikiran Peraturan Presiden Nomor 59 tahun 2017 terkait dengan pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan.

Kepala Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Ariyadi, berupaya untuk melaksanakan pembangunan desa walau di masa pandemi covid 19 sesuai dengan harapan masyaraka dalam menyeimbangkan kesejahteraan.

Secara global, menurut keterangan Kades Ariyadi menyampaikan, bahwa desa di tahun 2021 memprioritaskan pembangunan drainase dan pengerasan jalan desa.

“Alasannya, karena musim penghujan dan curah hujan yang luar biasa deras, aliran air yang tidak tertampung, banyak merusak jalan ekonomi desa,” kata Kades Ariyadi, Selasa, (27/04/2021).

Menurut Kades Ariyadi, hal ini sangat menghambat warga desa untuk melakukan aktivitas ekonomi, maka dari itu pembangunan drainase dapatmemberikan solusi menampung air dengan kapasitas besar, berasal dari luapan curah hujan.

Adapun pengerasan jalan dilakukan karena kerusakan daripada genangan air. Lapisan atas rusak lubang – lubang tidak beraturan. Pengerasan jalan agar jalan tidak semakin rusak.

Adapun salah satu lokasi yang dibangun ada di Dusun Kaliwangon RT 03 RW 03 Desa Dero, Kecamatan Bringin. Memang dibandingkan dari tahun sebelum pandemi covid – 19, pembangunan lebih kecil dilaksanakan oleh Desa Dero.

“Untuk tahun kedua pandemi covid – 19, Desa Dero fokus menjamin kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu, akibat imbasnya pandemi covid – 19 yang berkepanjangan ekonomi semakin merosot, karena pergerakan aktivitas ekonomi dibatasi,” terang Kades Ariyadi.

Ada program baru di tahun 2021, dana desa digunakan untuk covid – 19 membentuk Desa Aman Covid-19, di antaranya desa tangguh.

“Penetapan tersebut didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan,” jelas Kades Ariyadi.

Reporter : Suci

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed