oleh

Desa Bogoarum Ditunjuk Wakili Kecamatan Plaosan Pada Program Desa/Kelurahan Berseri Tingkat Kabupaten

MAGETAN | optimistv.co.id – Ditengah masa Pandemi Covid-19 ini, seluruh desa / kelurahan khususnya di Jawa Timur berlomba-lomba untuk mengikuti Program Desa/Kelurahan Berseri Tingkat Kabupaten.

Program Desa Berseri ini merupakan salah satu Program Pemerintah Kabupaten Magetan sebagai upaya dalam mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan terwujudnya lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari.

Seperti halnya Desa Bogoarum yang ditunjuk untuk mewakili Kecamatan Plaosan dalam mengikuti Program Desa / Kelurahan Berseri tingkat Kabupaten Magetan tahun 2020.

Bertempat di Balai Desa Bogoarum, Tim Penilai Program Desa/Kelurahan Berseri dipimpin oleh H. Djoko Windu P. Irawan. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Bogoarum, Suyanto, Camat Plaosan, Permadi Bagus S. STP, M.Si, Pembina Bank Sampah Dompong Desa Bogoarum, Sulis, Danramil dan Kapolsek setempat, serta segenap Perangkat Desa Bogoarum.

Dalam sambutannya, Camat Plaosan, Permadi Bagus S. STP, M.Si mengatakan, alasan beliau memilih Desa Bogoarum dalam Mengikuti Program Desa / Kelurahan Berseri ini dikarenakan desa tersebut memiliki pengelolaan lingkungan yang baik dengan dukungan Bank Sampah yang notabenenya merupakan salah satu Kampung Tangguh Semeru di Kabupaten Magetan.

“Desa Bogoarum ini saya pilih tentunya dikarenakan sudah memiliki persiapan dalam pengelolaan lingkungan yang baik, dengan dukungan Bank Sampah yang ada di desa ini. Harapan Saya semoga bisa bermanfaat dan bisa memotivasi desa-desa lainnya untuk menjadi desa bersih, sehat, dan lestari,” jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Desa Bogoarum, Suyanto juga mengaku tidak memiliki persiapan apapun dalam mengikuti Program Desa / Kelurahan Berseri, namun desa tercintanya ini sudah memiliki potensi-potensi lingkungan yang baik dan dengan kondisi alam yang mendukung.

“Dalam mengikuti Program Desa / Kelurahan Berseri, Desa Bogoarum sendiri tidak memiliki persiapan apapun, tetapi disini sudah memiliki potensi-potensi lingkungan yang baik dengan dukungan masyarakat yang banyak berpartisipasi dan tetap menjaga kebersihan lingkungannya. Yang perlu kita lakukan adalah cukup memperindah lingkungan ini dan dengan kondisi alam yang sangat mendukung,” pungkasnya.

Selain itu, Pengelola Bank Sampah Dompong Desa Bogoarum, Sulis mengatakan, pihaknya akan membantu dalam pemilahan sampah-sampah yang bisa didaur ulang guna mendukung berjalannya Program Desa / Kelurahan Berseri tingkat kabupaten.

“Saya selaku pengelola Bank Sampah Dompong Desa Bogoarum akan membantu dalam memilah sampah-sampah yang bisa didaur ulang. Harapan saya, semoga bisa bermanfaat untuk kedepannya,” tuturnya.

Menurut Sulis, Bank Sampah Dompong Bogoarum ini juga memiliki produk andalan, salah satunya adalah sampah untuk gizi yang bekerja sama dengan MI (Madrasah Ibtidaiyah) di desa setempat. Selain itu, sampah untuk tabungan yang berupa celengan dengan bekerjasama dengan Posyandu desa setempat.

Reporter : Dimas-Dendi-Ipung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed