oleh

Demokrasi Tanpa Intervensi, Pemerintah Desa Ellak Daya Gelar Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa

SUMENEP | optimistv.co.id – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia merupakan lembaga yang melakukan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

Hal itu terbukti disampaikan dan dibuka langsung oleh Ketua panitia pemungutan suara calon anggota BPD, Almujo, S.PdI., sejak pukul 08.00 Wib bertempat di Kantor/Balai Desa Ellak Daya, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Almujo mengatakan, bahwa Badan Permusyawaratan Desa merupakan lembaga yang melakukan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.

“Untuk itu, kita akan laksanakan pemilihan dengan demokrasi tanpa ada intervensi dari manapun,” kata Almu, sapaan akrabnya saat membuka pemilihan calon BPD, Senin (23/3/2020).

Untuk pengisian keanggotaan BPD, lanjut Almujo, akan dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui pengisian anggota BPD berdasarkan keterwakilan wilayah dan pengisian BPD berdasarkan keterwakilan perempuan.

“Pengisian anggota BPD berdasarkan keterwakilan wilayah dilakukan untuk memilih calon anggota BPD dari unsur wakil wilayah pemilihan dalam desa. Dan jumlah anggota BPD dari masing-masing wilayah ditetapkan secara proporsional dengan memperhatikan jumlah penduduk,” ujarnya.

Selanjutnya, sambung Almujo, pengisian anggota BPD berdasarkan keterwakilan perempuan dilakukan untuk memilih satu orang perempuan sebagai anggota BPD wakil perempuan,” imbuhnya.

Diketahui, sebelum acara dimulai, Ketua panitia memberikan kesempatan kepada setiap calon anggota BPD untuk orasi dan pidato menyampaikan visi dan misinya. Sebanyak 21 peserta dari 5 (lima) Dusun yang ada di Desa Ellak Daya nanti akan diambil sebanyak 9 orang.

Turut hadir, Kepala Desa Ellak Daya, Rasidi, S.Pd., Camat Lenteng, diwakili oleh Kasi Pemerintahan, Arli Yahya, Bhabinkamtibmas, Suyono., Bhabinsa, Serka Juli Teguh., Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda serta seluruh calon BPD dan undangan lainnya.

Sementara, Kepala Desa Ellak Daya, Rasidi menyampaikan, terima kasih dan sangat mengapresiasi kinerja panitia penyelenggara pemilihan BPD Ellak Daya periode 2020-2026, berkat kerja kerasnya kegiatan pemilihan BPD Ellak Daya berlangsung sukses.

“Saya berharap, kepada anggota BPD yang terpilih agar nanti mampu menggali aspirasi masyarakat, mengolah aspirasi masyarakat dan menyalurkan aspirasi masyarakat,” terang Rasidi, pada media ini.

Selain itu, Rasidi juga mengatakan, perlu sinergitas semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan desa yang mandiri, dan anggota BPD yang terpilih nantinya dapat menjalankan amanah masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Saya juga minta perangkat desa hingga RT harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditentukan,” pungkasnya.

Berikut Hasil Perolehan Suara :

Keterwakilan Perempuan :

1. HOZAIMAH, (perwakilan dari Dusun Kombung Barat) memperoleh 9 suara.

Sedangkan Keterwakilan Wilayah :

1. SYAFIQ ZAYYADI RUSLI, (perwakilan dari Dusun Kombung Barat) : 20 suara.

2. KIPTIYAH, (perwakilan dari Dusun Bukakak) : 19 suara.

3. MOH. WARI, (perwakilan dari Dusun Kombung Timur) : 17 suara.

4. ATMUNI, (perwakilan dari Dusun Batas Barat) : 14 suara.

5. ARJUN M. SYARIF, (perwakilan dari Dusun Batas Timur) : 10 suara.

6. SELVIANA FEBRIANTI, (perwakilan dari Dusun Batas Timur) : 10 suara.

7. JEPI EKO W, (perwakilan dari Dusun Kombung Timur) : 4 suara.

8. ACH SIDDIQI AMIN, (perwakilan dari Dusun Kombung Barat) : 4 suara.

Reporter : Sheno

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed