oleh

Bupati Serahkan Bantuan Dana Hibah Kompetitif Program YESS

TULUNGAGUNG | optimistv.co.id – Sebanyak 13 petani muda di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mendapat dana hibah total sebesar Rp 944 juta dari program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Service). Mereka menerima dana tersebut setelah proposalnya lolos verifikasi dan validasi lapang Kementerian Pertanian

Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM yang hadir dalam acara bertajuk Penyerahan Hibah Kompetitif Bagi Penerima Manfaat  Program YESS dan Bantuan Sarana Prasarana Pertanian, menyatakan terima kasih kepada Kementan.

Maryoto mengatakan, Program YESS telah merekrut 2.060 orang petani milenial di Kabupaten Tulungagung. 560 orang di antaranya telah diberi pelatihan Penyusunan Proposal Bisnis bagi Pemula. Dan 24 orang di dalamnya mampu menyusun proposal bisnis.

Selanjutnya, dari 24 proposal tersebut, hanya 13 proposal yang lolos dan menerima dana dengan nilai total Rp 944 juta lebih. Dana tersebut digunakan untuk pengembangan usaha budi daya tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan  dan non budi daya.

Maryoto berharap Program YESS di Kabupaten Tulungagung dapat mengentaskan generasi muda pertanian menjadi petani yang memiliki jiwa wira usaha yang tangguh dan mandiri.

“Program ini merupakan inovasi untuk memajukan bidang pertanian. Apalagi saat ini banyak pemuda yang kurang tertarik dalam bidang pertanian,” ujarnya saat menyerahkan hibah tersebut di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung.

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang), Setya Budi Udrayana, yang juga hadir dalam penyerahan hibah program YESS di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung.

Uud, panggilan akrabnya, mengungkapkan program YESS memang diperuntukkan bagi petani muda secara individu. Umur petani muda tersebut antara 19 sampai 39 tahun.

Sebelumnya, Bupati menandatangani Memory of Understanding (MoU) antara Pemkab Tulungagung dengan Polbangtan Malang, yang diwakili oleh Direktur Polbangtan Malang. Dalam MoU tersebut memuat antara lain tentang  kerja sama pendidikan vokasi dan pembinaan generasi muda pertanian,  penelitian dan pengembangan serta kegiatan sosial yang berbasis masyarakat.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian. “Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini,” jelas Mentan SYL.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung, Suprapti, menyatakan selain dilakukan penyerahan hibah program YESS Kementan Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung juga menyerahkan sarana dan prasarana pertanian bagi sejumlah kelompok tani di Tulungagung. Di antara bantuan sarana dan prasarana tersebut berupa cultivator sebanyak 21 unit, pompa air (98 unit), traktor roda dua (12 unit), traktor roda empat (3 unit) dan hand sprayer charger (231 unit).

 

Reporter : Budi.S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed