oleh

Bupati Blitar : Pemuda Harus  Menjadi Change Agent Yang Lebih Maju 

Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah Saat memberi sambutan pada Kongres Pemuda

Blitar | Optimistv.co.id-Dalam Rangka memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Pemuda pemudi di Kabupaten Blitar di fasilitasi Pemerintah Kabupaten Blitar menggelar Kongres Pemuda  dengan tema “Peran Pemuda Sebagai Garda Terdepan Membangun Kabupaten Blitar”.Tampak Kongres Pemuda yang di gelar di Hari Sumpah Pemuda di Pendopo Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar

Bertempat di Ronggo Hadinegoro (RHN) Kongres Pemuda Kabupaten Blitar berlangsung dan di buka resmi Bupati Blitar Hj Rini Syarifah, Kamis (28/10/2021) dengan hadiri Organisasi Kepemudaan yang ada di Kabupaten Blitar.

“Sejarah telah mencatat peran penting pemuda dalam perjalanan bangsa Indonesia, banyak contoh momentum sejarah yang di gerakan Pemuda seperti Pergerakan Budi Utomo 1908, Sumpah Pemuda 1928,Proklamasi Kemerdekaan 1945, serta Pegerakan Mahasiswa 1998 yang telah membawa Indonesia memasuki masa reformasi.”Kata Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah dalam sambutannya.Pemuda dan Pemudi Blitar Serius mengikuti Kongres Pemuda

Hal ini membuktikan bahwa pemuda mampu berperan aktif sebagai garda terdepan dalam proses perjuangan,pembaharuan dan pembangunan bangsa.”Tambahnya.

Bupati Blitar Rini Syarifah menjelaskan, untuk mengingatkan bersama bahwa sejarah perjuangan Bangsa Indonesia tercatat telah melakukan dua kali Kongres Pemuda. Kongres Pemuda Pertama tahun 1926 menghasilkan
Kesepakatan bersama mengenai kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi dan budaya. Panitia Pelaksana Kegiatan

Sedangkan Kongres Pemuda kedua tahun 1928 menghasilkan keputusan penting yang di sebut Sumpah Pemuda, selain itu juga lahir lagu Indonesia Raya yang di ciptakan oleh WR Supratman yang ditetapkan sebagai lagu kebangsaan.

“Pada kongres pemuda kedua itu juga para pemuda dari berbagai suku, dan organisasi pemuda menyatu,”terang Bupati Blitar.

Tahun 2020-2035 Indonesia akan menikmati bonus demografi, karena jumlah usia produktif di Indonesia di proyeksikan berada grafik tertinggi dalam sejarah.

Bagi sebuah Negara Bonus Demografi merupakan peningkatan produktifitas, yang sangat strategis dalam melakukan percepatan pembagunan ekonomi karena di dukung dengan SDM usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan.

“Dalam hal ini pemuda merupakan aset Bangsa atau ikon penting dalam mendorong pembaharuan hidup bangsa,”tandas Bupati.

Lebih lanjut ia menegaskan Untuk membawa pembaharuan pemuda harus mempersiapkan diri nya agar bisa diandalkan menjadi Change agent atau agen perubahan yang lebih maju dengan meningkatkan kapasitas dan kwalitas diri baik secara spiritual maupun dengan kecakapan dengan dunia tekhnologi dan informasi.

“Artinya, pemuda harus siap untuk menghadapi pola cepat. Namun saya berpesan agar tetap menjaga nilai-nilai muatan lokal, keharmonisan di tengah keberagaman dan tantangan,” ungkap Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati mengucapkan selamat kepada para pemuda pelopor Kabupaten Blitar dan Purna Bhakti Praka Kabupaten Blitar 2021 semoga pencapaian menjadi motivasi untuk lebih maju dan lebih baik lagi serta menjadi contoh teladan bagi para pemuda lainnya , saya bangga dan memberi apresiasi atas terselenggaranya kongres pemuda 2021 yang di selenggarakan oleh bebagai elemen pemuda ini.

“Semoga nanti dapat memberi rekomendasi bagi kami dalam menyelenggarakan pembangunan di Kabupaten Blitar, khususnya pembangunan kepemudaan. Saya dengan Wakil Bupati memberi perhatian khusus kepada para pemuda di Kabupaten Blitar yang tertuang dalam misi kami yang kedua yaitu meningkatkan taraf hidup masyarakat Blitar yang memiliki mutu dan nilai kompetensi tinggi dengan mengoptimalkan potensi generasi muda Kabupaten Blitar,”Ungkap Bupati dalam sambutannya.

Ketua Panitia, Ilham Canggih Algebra mengatakan, bahwa Kongres Pemuda bertujuan bagaimana para pemuda-pemudi memberikan gagasan atau usulan terkait kebijakan Pemerintah Kabupaten Blitar melalui eksekutif dan legislatif, isi usulan ini dari hasil penggalian pemikiran-pemikiran kritis dari berbagai OKP.

“Sedangkan di dalam Kongres Pemuda di bagi beberapa komisi, seperti Komisi Pendidikan dan Peningkatan Mutu SDM, Komisi Kesehatan,Komisi lingkungan Pariwisata, Pelestarian Budaya, dan terakhir Komisi Kewirausahaan, Kreativitas Pemuda dan Smart City,”papar Ilham.

Ilham juga mengatakan yang paling urgent bagaimana pemuda mendapatkan ruang yang khusus dimana saat ini memasuki era bonus demografi.

“Saat ini dan kedepannya Pemuda mempunyai andil yang penting dalam pembagunan dan juga percepatan perekonomian yang ada di kabupaten Blitar,”pungkas Ilham.(Kmf)

Reporter:Muklas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed