oleh

BPBD : Gempa Bumi di Blitar Tidak Berpotensi Tsunami

TULUNGAGUNG | optimistv.co.id – Gempa bumi magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Jum’at malam, 21 Mei 2021 pukul 19.23.09 WIb, namun tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyatakan, bahwa kedalaman gempa 110 Kilometer (Km). Adapun gempa bumi tersebut terjadi pada koordinat 8.63 LS-112.34 BT berjarak 57 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Blitar.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung, Soeroto, S.Sos., MM, ketika dihubungi Optimis melalui selulernya membenarkan bahwa gempa bumi berpusat di sebelah tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Menurut Soeroto, info yang diterima dari BMKG, bahwa gempa bumi juga dirasakan di beberapa Kota/Kabupaten di sekitar dekat Blitar, seperti Tulungagung, Kediri, Jombang, bahkan sampai Sidoarjo.

Soeroto berpesan kepada seluruh warga di Kabupaten Tulungagung, meskipun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, namun diharapkan tetap waspada, jika terjadi gempa bumi susulan.

Dia bersyukur gempa bumi kali ini tidak menimbulkan tsunami, dan tidak menimbulkan kerusakan yang berarti bagi warga Tulungagung.

Warga diharap tenang dan tidak panik, yang penting bila terjadi gempa bumi masyarakat harus bisa mengantisipasi segera keluar rumah.

“Hal ini untuk menjaga bila terjadi adanya reruntuhan barang dari atas, seperti genteng, flapon dan seterusnya,” tutupnya.

Reporter : Sigit

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed