oleh

Berbagai Dinamika Pilkades Serentak di Kabupaten Madiun

MADIUN | optimistv.co.id-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan dilaksanakan pada 20 Desember 2021, sebanyak 143 Desa yang akan menggelar Pilkades.

Ada calon peserta bakal calon kepala desa di 143 desa tersebut sebanyak 400 orang,masing- masing desa jumlahnya berbeda.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Madiun, Joko Lelono, mengatakan jumlah desa yang akan menggelar Pilkades sebanyak 143 desa, untuk saat ini persiapan pelaksaan Pilkades sesuai tahapan.

“KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) seluruh desa sudah dibentuk, kita juga telah melakukan pembekalan kepada petugas KPPS, memang sekarang tinggal 10 hari,” kata Joko Lelono, Jumat 10 Desember 2021.

Dari 143 desa tersebut, kata Joko, ada tiga desa yang terpaksa dilakukan perpanjangan pendaftaran bakal calon kades. Tiga desa itu adalah Desa Nglandung, Desa Ngepeh, dan Desa Suluk.

Saat ini di Desa Nglandung ada empat bakal calon, Desa Ngepeh ada tiga bakal calon, dan Desa Suluk ada dua bakal calon. Para bakal calon itu akan diverifikasi mulai tanggal 9-10 Desember ini.

“Besok kalau mereka memenuhi syarat akan ditetapkan sebagai calon kepala desa. Sehingga 143 desa ini sudah terpenuhi semua calonnya. Pelaksanannya tetap tanggal 20 Desember,” terangnya.

Dia menuturkan saat ini memang ada berbagai dinamika terkait Pilkades di tengah masyarakat. Untuk itu, dia meminta kepada seluruh masyarakat untuk lebih berlapang dada terkait dinamika yang terjadi.

“Kita semua menyampaikan masyarakat agar bisa menerima dengan legawa,” ujar Joko.

Reporter : Sugeng Rudianto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed