oleh

Belasan Pemuda Ikuti Pelatihan PMP di UPT BLK Kediri

KEDIRI | optimistv.co.id Para pemuda di Kabupaten Kediri dan sekitarnya, tampak antusias mengikuti pelatihan kerja yang saat ini lagi ngetren dan sesuai keinginannya, yaitu Kejuruan Pengoperasian Mesin Produksi yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Tansmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur, melalui Unit Pelaksana Tehnik (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Kediri, yang beralamatkan di Jalan Raya Pare Wates Km 1,500, Desa Gedangsewu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi  Jawa Timur.

Instuktur Pelatihan, Adhi Pranoto, SPd.T, kepada Wartawan Optimis mengatakan, pelatihan oleh UPT BLK Kediri ini diberikan secara gratis atau tidak dipungut biaya sama sekali. Selain gratis, setiap peserta juga diberikan baju seragam, ditambah dengan kaos olahraga dan uang transport, serta satu kali makan setiap hari pelatihan.

“Pelatihan ini dibiayai oleh APBD Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2021. Para peserta tampak bersemangat mengikuti latihan kerja. Semoga ilmu yang diperoleh ini menjadikan manfaat dan dapat meningkatkan skill mereka,” katanya.

Ditambakan Adhi Pranoto, pelatian ini dilaksanakan di dalam Workshop UPT BLK Kediri selama 30 hari kerja, atau 240 jam pelatihan, dimulai pada hari Selasa, tanggal 20 April hingga hari Jum’at, 07 Juni 2021 mendatang.

Masih menurut Adhi Pranoto, pelatihan ini dibagi menjadi dua unit kompetensi, yaitu kejuruan yang tempuh Pengoperasian Mesin Produksi, dengan materi pelatihan 30% teori dan 70 persen praktek.

“Kelompok pertama adalah unit kompetensi yang menerapakan prinsip-prinsip K3 di tempat kerja, seperti menerapkan prosedur mutu, mengukur menggunakan alat ukur, membaca gambar teknik, menggunakan perkakas tangan, membuat dasar, mengepress dasar. Sedangkan kelompok kedua adalah penunjang PMD, yang meliputi motivasi kerja dan kewirausahaan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua kelompok pelatihan kerja, Eko Prasetyo, dengan percaya diri mengucapkan terimakasih kepada UPT BLK Kediri yang telah memberikan pelatihan secara gratis kepada dirinya dan teman-temanya.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Instuktur yang telah membina selama ini, sehingga kami yang sebelumnya tidak bisa, sekarang mejadi bisa,” tutunya.

Eko Prasetyo juga mengatakan bahwa motivasinya mengikuti pelatihan ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman sebagai bekal untuk mencari pekerjaan di perusahaan yang membutuhkan sesuai dengan ketrampilan atau skill yang telah didapatnya dari UPT BLK Kediri ini.

Reporter : Suryono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed