oleh

Anggota F- PKB DPRD Jatim Masduki Gelar Seminar Wawasan Kebangsaan untuk Menumbuhkan Cinta NKRI

MOJOKERTO | optimistv.co.id – Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ( F-PKB ) H. Masduki, S.Pd.I, mengelar Seminar Wawasan Kebangsaan, dengan Tema, “Memperingati Hari Santri dan Hari Pahlawan Nasional Menumbuhkan Cinta NKRI” di Ball Room Hotel Raden Wijaya Kota Mojokerto Jumat siang, (26/11/2021).

Dalam pelaksanaan yang menerapkan protokol kesehatan itu, Pria yang akrab disapa Gus Uki itu menjelaskan, bahwa setiap tahunnya Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur mempunyai hak untuk melakukan Sosialisasi Wawasan kebangsaan di Dapilnya masing masing, dan dirinya dalam melaksanakan kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan ini mengambil tema Memperingati Hari Santri dan Hari Pahlawan Nasional, ” Menumbuhkan Cinta Tanah Air.”

Dan kita ingin kondisi di Jawa Timur ini kondusif, jangan sampai ada kejadian di seperti di Jakarta ada oknum yang sempat mencoreng umat Islam karena diduga terlibat dalam suatu jaringan terlarang, Dan peristiwa seperti itu jangan sampai terjadi di Jawa Timur.

Dan kenapa tema Hari Santri Nasional dan Hari Pahlawan 10 November ini kita munculkan, karena banyak presepsi diluar sana, ada yang mengatakan, bahwa tidak ada kaitannya Hari Santri dengan Hari Pahlawan Nasional , maka presepsi itu harus kita hilangkan, karena yang benar adalah adanya peperangan 10 November , dan adanya Hari Pahlawan Nasional pada tanggal 10 November itu merupakan imbrio dari Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh Mbah Hasyim Asy’ari kepada umat Islam di Jawa Timur pada radius 95 km, agar umat Islam khususnya para Santri agar bangkit secara bersama sama untuk mengusir penjajah dari Surabaya Jawa Timur umumnya.

Lebih lanjut Gus Uki yang juga menjabat Ketua DPC PKB Kota Mojokerto itu menjelaskan bahwa pelaksanaan sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini diikuti oleh para Ketua MWC NU se Kabupaten Mojokerto, Organisasi PERGUNU, dan Ibu Ibu Muslimat NU se Kabupaten Mojokerto dan Istimewa nya dihadiri oleh Wakil Bupati Mojokerto H. Muhammad Al-Barra LC. M.Hum, (Gus Barra) dan Kapolresta Mojokerto, AKBP Rofiq Ripto Himawan, SIK, yang keduanya diberikan kesempatan menyampaikan sambutan.

Wakil Bupati Mojokerto, Gus Barra saat Berpidato di Acara Seminar Wawasan Kebangsaan

Acara Seminar Wawasan Kebangsaan yang di gelar Gus Uki ini menghadirkan nara sumber (pemateri) yakni Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto KH. Abdul Adzim Alawi dan Tokoh Agama Kota Mojokerto, KH. Assadudin Makruf .

Sementara itu Gus Uki yang duduk di Komisi D DPRD Provinsi Jatim itu mengajak para peserta agar memahami wawasan kebangsaan.

Karena, ini sangat penting untuk dikuatkan bagi para Kader NU yang mempunyai organisasi di kumunitasnya untuk memberikan penguatan wawasan kebangsaan dikalangan Generasi muda NU.

Sementara itu ketika ditanya para wartawan tujuan mengadakan sosialisasi ini, Gus Uki menjelaskan yakni dalam rangka menjelaskan arti pentingnya dari wawasan kebangsaan dan pengamalan Pancasila yang mulai tergerus dengan perubahan budaya dan zaman.

Peserta Seminar Wawasan Kebangsaan di Ballroom Hotel Raden Wiyaja Kota Mojokerto

“Kita yang hadir disini menjadi perpanjangan tangan untuk menyampaikan wawasan kebangsaan ini kepada masyarakat di luar sana khususnya, para generasi muda NU yang harus ditanamkan dan diperkuat dirinya akan rasa cintanya kepada NKRI ” ucap Gus Uki.

Selain melakukan Wawasan Kebangsaan, Gus Uki juga menyerap (menampung) berbagai aspirasi dari peserta yang hadir guna menciptakan Jawa Timur Aman dan Kondusif.

Reporter : Kartono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed