oleh

Anggota Dewan Jatim H.Hidayat, Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, Hadirkan KH. Imam Muhajir Sebagai Nara Sumber

MOJOKERTO  (Optimis) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) H. Hidayat, S.Ag., M.Si, menggelar acara Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di halaman kediamannya di Lingkungan Ngaglik Kota Mojokerto Mojokerto, (23 /04/2022) malam yang menghadirkan para undangan yang terdiri para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta para Konstituen, Kader Partai Gerindra Kota dan Kabupaten Mojokerto.

Dalam Sosialisasi Wawasan Kebangsaan tersebut Anggota DPRD Jatim Mas Hidayat ini menghadirkan nara sumber Ulama Kondang , KH.Imam Muhajir dari Mojosari.

Sementara itu Anggota DPRD Propinsi Jawa Timur yang akrab disapa Mas Hidayat ini saat Sosialisasi Wawasan Kebangsaan menjelaskan bahwa dilaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang wawasan kebangsaan, dan untuk meningkatkan peran generasi muda agar selalu menerapkan kesadaran bela negara.
“Program ini perlu digerakan bersama. Untuk saling mengingatkan pentingnya faham tentang kebangsaan. Harus saling menghormati satu sama lainnya. Mengingat di Indonesia banyak suku, agama, dan budaya. Sehingga perlu saling menjaga toleransi antar sesama. Jangan sampai saling menjatuhkan,” ucap Mas Hidayat.

Menurut Pria yang akrab disapa ” Sedulur Mas Hidayat ” ini bahwa Pemahaman wawasan Kebangsaan kepada segenap warga harus terus digalakkan, Sebab hal tersebut juga menjadi upaya menanamkan rasa cinta tanah air kepada semua komponen masyarakat.

Pria yang duduk di Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur ini menegaskan pentingnya penanaman rasa cinta tanah air. ” Wawasan Kebangsaan merupakan hal yang sangat penting bagi seluruh warga negara Indonesia,” ucap Mas Hidayat.

Mas Hidayat juga menyebutkan bahwa melalui forum ini dirinya menyampaikan pentingnya wawasan Kebangsaan agar semua warga bangsa bisa bela negara serta cinta tanah air. Sebab Wawasan Kebangsaan adalah salah satu cara bagaimana setiap warga memiliki pemahaman yang baik pada idiologi bangsa, agar tidak mudah terprovokasi dengan hal hal yang bisa memecah belah persatuan bangsa.

Sementara Narasumber KH. Imam Muhajir mengatakan, sebagai warga Negara Indonesia maka harus memiliki rasa cinta tanah air, dan agama terutama para generasi mudanya harus dibekali dengan ilmu agama, Mengingat perkembangan zaman semakin meningkat modern.

Sehingga sebagai penerus bangsa perlu memahami tentang wawasan kebangsaan. Karena pemuda memiliki peran penting dalam membangun karakter bangsa demi keutuhan NKRI. ” Dengan faham wawasan kebangsaan setidaknya tidak mudah dirong-rong oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Selain itu, harus mampu menangkal adanya gerakan yang bertentangan dengan negara.” ucap Kyai Muhajir.

Ulama berbadan besar itu juga menjelaskan bahwa Sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini sangat penting karena nilai nilai Kondisi kebangsaan saat ini mulai berkurang.

Gus Muhajir juga berharap Semoga para generasi penerus bangsa mampu menerapkan jiwa serta semangat nasionalisme dan patriotisme dalam perilaku kehidupan sehari-hari. ” Kenapa Wawasan Kebangsaan terus disosialisasikan, salah satu tujuannya yakni, agar generasi muda atau masyarakat memiliki rasa cinta tanah air, mengingat perkembangan Zaman semakin modern dan tantangan hidup kian kompleks. Sehingga penekanan nya adalah nilai nilai wawasan Kebangsaan harus ditampakkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama nilai nilai dalam UUD 45 maupun Pancasila,” lanjut Gus Muhajir.

Ririn Fadillah / Kartono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed