oleh

Agenda Tahunan Ritual Petik Laut Masyarakat Desa Tamansari, Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO | optimistv.co.id – Ribuan Warga masyarakat Desa Tamansari Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. kembali menggelar ritual Petik Laut Ritual Bersih, dengan melarung sesaji ke tengah laut ritual digelar di Muara Pantai Bentar.

Petik laut adalah ritual larung sesaji ke tengah laut ritual ini digelar setiap satu tahun. Ritual ini digelar sebagai bentuk wujud syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang melimpah. Minggu (28/11/21).

Juga sarana berdoa agar diberikan keselamatan saat mereka beraktifitas di laut. Ritual Petik Laut yang dilakukan mulai dari para sesepuh hingga warga Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo yang bekerja sebagai nelayan.

Ritual digelar di Pantai Bentar

Seperti apa yang di kutip oleh awak media. Kepala desa Tamansari Sutaji mengatakan, dia sangat mengapreasi semangat warga yang masih melestarikan adat tradisional ini.

“Warga masyarakat Tamansari ini hebat, dengan swadaya sendiri bisa mengemas ritual ini menjadi sebuah even yang bisa menarik masyarakat lain. untuk datang ke sini,” ujar Sutaji selaku kepala desa Taman sari.

Lanjut Kepala Desa Tamansari Sutaji kalau sudah menjadi even tahunan petik laut. bisa dilaksanakan lebih kreatif dan meriah.

“Saya harap tahun depan bisa lebih kreatif, sehingga bisa menjadi destinasi baru yang bisa dikunjungi wisatawan,” tutup Sutaji selaku Kepala Desa Tamansari.

Kepala Desa Tamansari, Sutaji

Sementara itu, ada salah satu warga Desa Tamansari mengatakan, ritual ini merupakan cara kami dalam mensyukuri rezeki yang telah kami dapatkan sekaligus mohon do’a agar diberi keselamatan saat melaut,” ujarnya.(Tim)

Reporter : Nana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed