oleh

Abdullah Abu Bakar, Wali Kota Kediri dan Bunda Fey Nglarisi Dagangan UMKM Kelurahan Ngronggo Pada Pekan Festival UMKM Ramadhan

KOTA KEDIRI | optimistv.co.id – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan Ketua TP PKK Kota Kediri _Nglarisi_ Dagangan UMKM pada Festival UMKM Ramadhan Kelurahan Ngronggo Kota Kediri, Senin (11/4). Pekan Festival UMKM Ramadhan ini diselenggarakan mulai tanggal 6 hingga 12 April 2022 bertempat di Lapangan Ngronggo Kota Kediri.

Saat ditemui, Abdullah Abu Bakar mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Kediri memiliki program _Nglarisi_ Dagangan UMKM. Karena selama pandemi covid-19 ini ekonomi Kota Kediri mengalami penurunan. Maka dari itu, _Nglarisi_ Dagangan UMKM ini, salah satu cara yang baik untuk dilakukan. “Saya minta kepada seluruh warga di Kota Kediri khusunya, ayo kita borong dagangan tetangga kita, dan UMKM Kota Kediri. Supaya ekonomi di sekitar kita bergerak, ini sudah mulai bergerak namun kalau kita nglarisi dagangan UMKM kita jauh lebih bergerak ekonominya,” ajaknya.

Lebih lanjut, Wali Kota Kediri menuturkan gelaran festival UMKM Kelurahan Ngronggo ini terakhir besok 12 April 2022. Padahal 3 minggu lagi, musimnya orang yang akan mudik. Kalau bisa minggu terakhir di bulan ini juga diadakan kembali kegiatan semacam ini. Sehingga warga dari luar Kota Kediri, bisa mencicipi dan membeli produk-produk buatan warga Kota Kediri. “Nanti silahkan dirembug lagi, kira kira bagaimana. Jangan lupa, kegiatan ini diunggah di media sosial seperti Instagram, Facebook supaya ramai dan semua orang bisa kesini,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Ngronggo Heru Sugiarto mengatakan diadakannya kegiatan festival UMKM ini merupakan ide kreatif dari Paguyuban UMKM Nawasena Kelurahan Ngronggo yang selalu semangat memberikan motivasi dan bantuan terkait dengan perizinan, label dan lainnya. Dari kegiatan festival UMKM ini, omset yang dihasilkan sekitar 15 juta rupiah. Hal ini dikarenakan semangat warga Kelurahan Ngronggo yang sangat luar biasa. “Ke depan, Insya Allah akan dibuatkan pojok UMKM yang ada di Kampung Keren Kelurahan Ngronggo Kota Kediri,” terangnya.

Festival UMKM Ramadhan Kelurahan Ngronggo ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Ngronggo. Produk yang dijual di sini pun beragam seperti makanan ringan, jajanan tradisional, minuman, tas dan masih banyak lagi. Produk ini sebagian besar merupakan produk asli buatan warga Kelurahan Ngronggo sendiri. Ada sebanyak 170 UMKM di 9 RW Kelurahan Ngronggo yang turut serta dalam memeriahkan festival UMKM ini. UMKM ini juga yang telah bergabung dalam Paguyuban UMKM Nawasena Kelurahan Ngronggo Kota Kediri.
(Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kediri)

Reporter : Edy Siswanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed