oleh

Upacara HUT Ke-76 TNI di Madiun Secara Virtual

 

Upacara HUT ke-76 TNI secara virtual

MADIUN | optimistv.co.id – Mengingat masih masa pendemi, maka Korem 081 Dhirotsaha Jaya (DSJ) Madiun mengikuti upacara HUT ke-76 TNI (Tentara Nasional Indonesia) secara virtual bersama pemerintah pusat dengan inspektur upacara, Presiden RI H. Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, yang juga dihadiri Wapres Ma’ruf Amin, Selasa (5/10/2021)). Danrem 081 Dhirotsaha Jaya, Kol. Inf. Waris Ari Nugroho, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami dan Walikota Madiun H. Maidi dan Forkopimda mengikutinya dari halaman Makorem 081 DSJ dengan memberlakukan prokes ketat.

Presiden dalam sambutannya mengatakan, melawan pademi saat ini jika dibaratkan perang seperti dalam perang yang berlarut-larut, menguras tenaga dan pikiran, perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi dan pemanfaatan ilmu dan teknologi.

Diakui Presiden Jokowi, keberhasilan menangani covid–19 ini tidak lepas atas peran besar TNI/Polri, dimana TNI dalam melaksanakan tugas secara profesional. Untuk itu, Presiden minta kesigapan TNI ini juga diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas, seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalilsme, terorisme, siber, termasuk ancaman bencana alam.

Menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, lanjut Presiden Jokowi, transpormasi pertahanan harus terus dipertahnakn untuk meletakkan pondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di lingkungan strategis nasional maupun global.

Diakhir upacara, secara virtual Presiden Jokowi menyapa prajurit TNI penjaga perdamaian di Lebanon, anggota ⊗Kodim Pulau Rote yang berpatroli menjaga pulau Rote, Satgas pengamanan perbatasan di Natuna Utaran dan Entikong, serta prajurit TNI yang bertugas menanganai pasien covid–19 di Rumah Sakit Lapangan Indra Pura Surabaya.

Reporter : Sugeng Rudianto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed