oleh

101 Warga Desa Kenongorejo Terima BLT DD

MADIUN | optimistv.co.id – Sebanyak 101 kepala keluarga (KK) penerima manfaat di Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) sebesar 300 ribu rupiah. Penyerahan BLT – DD tersebut dilaksanakan di kantor Desa Kenongorejo, Rabu (21/4/2021), dan berjalan dengan lancar.

Satu per satu warga masuk dalam daftar penerima BLT – DD mendatangi petugas untuk mengisi daftar hadir dan menunggu giliran dipanggil dengan menerapkan protokol kesehatan, di antaranya memakai masker, menjaga jarak, dan sebelum masuk juga harus cuci tangan menggunakan sabun.

Kepala Desa Kenongorejo, Tatang Heru Purnomo dikonfirmasi mengatakan, pembagian BLT – DD ini merupakan program pemerintah untuk membantu warga yang terdampak Pandemi Covid -19.

“Alhamdulillah penyerahan ini berjalan dengan lancar, tidak ada kendala sama sekali. Dalam pembagian BLT – DD kali ini ada penurunan jumlah penerima manfaat yang sebelumnya sebanyak 103 orang, sekarang hanya 101 warga saja, karena dua orang penerimanya telah meninggal dunia.

Menurut Kades Kenongorejo, selain BLT – DD, juga ada BST (Bantuan Sosial Terpadu), dan di Desa Kenongorejo tahap pertama terdapat 189 penerima manfaat, namun sekarang tinggal 159 saja.

“BST itu merupakan aturan dari pemerintah pusat. Sedangkan pemerintah desa hanya mengajukan saja, nanti yang meng-ACC juga pemerintah pusat. Sing marahi padu iku dikiro Lurah nyoleti (yang bikin ramai itu dikira semaunya kepala desa, red),” ujar Tatang Heru Purnomo, di kantornya, Kamis (22/4/2021).

Sekretaris Desa Kenongorejo, Sunarto

Kades Tatang Heru Purnomo menghimbau kepada warga penerima bantuan BLT – DD supaya mengunakan dengan bijaksana dan untuk keperluan utama.

“Saya berpesan agar dana BLT – DD digunakan sebaik- baiknya untuk keperluan sehari-hari dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Jangan gara-gara ada bantuan BLT dan BST, malah jadi gegeran atau malas bekerja,” ujar Kepala Desa Kenongorejo.

Lebih lanjut, Tatang Heru Purnomo mengatakan, bantuan yang diterima ini hendaknya digunakan untuk mencukupi kebutuhan pokok (sembako), bukan untuk yang tidak penting.

Tatang juga berharap agar warga bersama-sama dengan aparatur desa turut membantu penanganan dan pencegahan Covid-19 ini agar segera bisa diatasi.

Kegiatan penyerahan BLT- DD ini juga dihadiri oleh tim pendamping desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPD, tokoh masyarakat dan Pemerintah Desa Kenongorejo. (Adv)
Reporter : S. Rudi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed